Kamis, 12 Januari 2017

Arti Sakit

Sakit adalah ujian. Sekaligus penambah kemuliaan bagi sesiapa yang sabar dan tegar menjalaninya. Sampai detik ini, Nabi Ayub adalah contoh nyata yang tiada tanding tiada banding.

Sakit adalah terapi kesabaran. Lagi-lagi Nabi Ayub kita jadikan contoh karena berhasil membuat hati kita tersentuh dan trenyuh.

Sakit adalah zikir dan muhasabah. Orang yang sakit akan lebih sering dan lebih khusyuk dalam menyebut nama Allah, dibanding ketika sehat. Amal-amal pun ia tambah.

Sakit adalah istighfar. Dosa-dosa akan lebih mudah teringat, ketika sakit. Sehingga kita lebih ringan untuk memohon ampun. Terlebih-lebih Allah memang menjanjikan sakit sebagai penggugur dosa.

Sakit adalah tobat. Saat sakit, manusia cenderung sulit diajak maksiat atau berbuat sia-sia. Bahkan ia sedikit tertawa dan banyak menangis yang mana ini adalah anjuran para nabi. Alih-alih begitu, tobat pun ia perbanyak.

Sakit adalah ikhtiar. Sudah fitrahnya manusia berjuang demi beroleh kesembuhannya. Sehingga terbukalah ilmu-ilmu kesehatan yang baru ia ketahui tatkala berkonsultasi dengan dokter atau ahli-ahli lainnya.

Sakit itu silaturahim. Saat menjenguk dan dijenguk, keluarga serta kerabat yang jarang-jarang bertemu, eh malah bertemu. Dalam syahdu, dalam rindu. Semuanya berpadu.

Sakit adalah nasihat. Tentang nikmatnya sehat. Tentang pastinya kematian. Sehingga, setelah sembuh, mudah-mudahan kita menjadi pribadi yang lebih arif lagi.

Sakit adalah makbulnya doa. Nah, yang ini memang Allah yang menjanjikan. Jadi, tak perlu lagi kita pertanyakan dan perdebatkan. Doa akan lebih makbul dan terkabul.

Dengan memahami hikmah-hikmah sakit ini, semoga kita terhindar dari sikap yang berkeluh-kesah apalagi marah-marah. Sekian dari saya, Ippho Santosa. Boleh di-share.

video microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF NOW

microsoft office word 2007 how to Save as PDF format. microsoft office word How To Convert a Word documents to PDF Video's was published...